Translate

Wednesday 19 August 2020

MANUSIA DENGAN CINTA DAN KASIH



 

1. Pengertian

 

A. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hampir sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

 

B. Erich Fromm (1983: 24-27) dalam bukunya Seni Mencintai menyebutkan bahwa cinta itu terutama member, bukan menerima, dan member merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam member adalah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyertakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian, dan pengenalan.

 

C. Sarlito W. Sarwono mengemukakan bahwa cinta itu memiliki tiga unsur, yaitu ketertarikan, keintiman, dan kemesraan. Keterikatan adalah perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas hanya untuk dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara Anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi sehingga panggilan-panggilan formal seperti Bapak, Ibu, Saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan seperti sayang. Sedangkan kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen jika jauh dan lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. Ketiga unsur cinta tersebut sama kuatnya, jika salah satu unsur cinta itu tidak ada maka cinta itu tidak sempurna atau dapat disebut bukan cinta.

 

D. Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang dibarengi unsur terikatan, keintiman dan kemesraan (Cinta Ideal / Segitiga Cinta) di sertai dengan belas kasihan, pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab yang diartikan akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan dan kebahagiaan.

 

 

2. Pengalaman Pribadi

Menurut saya setiap manusia pada dasarnya sudah diberikan hasrat menginginkan cinta dan kasih dari lingkungannya. Contoh setiap bayi yang lahir umumnya mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya, bahkan sebelum si bayi lahir ke dunia. Dalam fungsi keluarga juga ada namanya fungsi afeksi yang memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Misalnya saat saya waktu itu berulang tahun, orang-orang terdekat saya ikut memeriahkan hari ulangtahun saya. Orang-orang memberikan selamat dan memberikan hadiah kepada saya sebagai wujud memeriahkan hari bahagia saya mereka melakukannya berdasarkan wujud perhatian mereka kepada saya.

 

3. Pengalaman Orang Lain

 

1. Bintang-lelaki (psikologi-ugm) :

Manusia dengan manusia lain. mencintai orang lain adalah hasil dari kumpulan gejolak neuron-neuron di central nervous system manusia sebagai dorongan dari tuntutan generasi kita untuk kelangsungan hidup. Saya sadar bahwa perasaan cinta ini hanya tuntunan generasi saya untuk melangsungkan kelangsungan hidupnya, tetapi saya tidak menanggap cinta saya dahulu, sekarang, dan nanti hanya sebagai upaya saya untuk melangsungkan keturunan saja.

 

2. Dara-perempuan (ilmu pemerintahan-unpad) :

Manusia dengan hewan peliharaannya. Jika memang benar-benar sayang maka akan tumbuh rasa peduli terhadap apa yang kita miliki. Pengalaman saya ketika sayang memandikan kucing saya, mereka sering melukai saya karena kedinginan, hal itu saya memaklumi hal itu karena saya juga memiliki rasa bersalah karena membuat dia kedinginan. Itu adalah salah satu bentuk saya mencinta hewan peliharaan saya.

 

3. Bella- perempuan (hukum ugm) :

Manusia dengan alam. Pengalaman saya mengenai cinta dan kasih adalah menyirami tanaman di halaman karena tanaman adalah bagian dari alam dan merupakan tanggung jawab manusia untuk melindungi alam. Karena alam memiliki nilai instrumental yang berarti alam merupakan penopang kehidupan manusia dan tanpa alam manusia tidak akan mampu melanjutkan hidup. Sehingga mencintai alam berarti mencintai kehidupan.

No comments:

Post a Comment