Translate

Saturday 12 September 2020

RANGKUMAN MATERI FOTOGRAFI



ARTIKEL FOTOGRAFI

# Pengertian

Fotografi  (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu Photos: cahaya dan Grafo: Melukis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. 

Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

# Lahirnya 

Pada tahun 1839 atau abad ke-19 di Perancis diresmikan sebagai tahun awal lahirnya fotografi.

Fotografi diresmikan sebagai sebuah terobosan teknologi baru  yang menghasilkan sebuah rekaman dua dimensi seperti yang terlihat oleh indera penglihatan serta dapat dibuat secara permanen.

# Prinsip

Prinsip dalam fotografi adalah memfokus kan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya.

Medium (film) yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

# Jenis

Abstrak

Foto yang objeknya mengutamakan keindahan komposisi, permainan bentuk dan warna, elemen grafis dan tekstur. Tidak menampilkan objek secara jelas, penyampaian ide melalui bentuk, warna, dan lekuk. Intinya, fotografi abstrak menkomunikasikan kepada orang yang melihat melalui emosi.


Art (seni)

Fotografi seni adalah aktivitas fotografi yang menghasilkan karya-karya foto yang penuh dengan nilai-nilai estetika seni atau art. Karya fotografi seni itu sekarang populer dengan sebutan foto seni (fine art).

 

Still life

Fotografi still life adalah fotografi yang objeknya benda mati, tidak bergerak. Di jenis fotografi ini, fotografer dapat mengatur posisi objek atau sekelompok objek, latar belakangnya dan mengatur pencahayaannya dengan bebas.

 

Arsitektur

Fotografi bangunan merupakan hasil karya fotografi yang dapat menampilkan tidak hanya kepentingan dokumentasi namun juga estetika dalam hal arsitektural, seni, ekspresi, komunikasi, etika, imaginasi, abstraksi, realita, emosi, harmoni, drama, waktu dan kejujuran serta dimensi yang tersirat.

 

Interior

Objek utama adalah interior ruangan, dan berbeda dengan kategori Arsitektur yang lebih menonjolkan unsur eksterior.


Budaya

Fotografi ini memotret  fenomena kebudayaan yang ada di masyarakat.

 

Fashion

Foto-foto busana yang dirancang khusus dan dikenakan oleh model foto, bisa berupa foto di catwalk, studio atau lokasi khusus, dan berbeda dengan kategori model yang tidak menonjolkan unsur-unsur detail busana.

 

Model

Foto yang menampilkan model foto, tanpa penekanan pada unsur fashion.


Humor

Foto yang mengandung unsur humor.

 

Komersial

Foto yang bertujuan untuk kebutuhan komersial.

 

Landscape

Foto yang objeknya adalah pemandangan alam yang unsur utamanya berupa unsur-unsur seperti tanah, air, langit atau kombinasi ketiganya, dan berbeda dengan kategori Nature yang menonjolkan objek-objek berupa makhluk hidup.


Potret

Foto dengan objek manusia, baik secara individual maupun kelompok, dengan bergaya portrait yang menonjolkan unsur personality objek foto.

 

Nature

Segala fenomena alam, satwa liar hidup di habitat aslinya serta tumbuh-tumbuhan liar yang hidup dihabitat alaminya. Kehadiran manusia atau segala bentuk hasil karya budaya manusia tidak boleh tampak dalam foto.


Manusia

Bahasa keren nya adalah foto human interest, objek utamanya berupa manusia secara individual dan kelompok, yang utamanya ditujukan untuk menampilkan mood dari objek foto.


Olahraga

Foto event olahraga.


Panggung

Foto pertunjukan di panggung, seperti konser musik, pentas showbiz, pertunjukan tari dan pentas teater.


Pendesaan

Foto-foto yang menampilkan kehidupan pedesaan, seperti interaksi masyarakat, suasana dan dinamika kehidupan.


Peliharaan (Pets)

Foto binatang peliharaan.


Wisata

Foto wisata (photo traveling) harus menunjukkan perasaan terhadap waktu dan tempat, citra sebuah daerah, penduduknya, atau suatu budaya dalam situasi aslinya, dan tidak ada batasan geografis. Ultraclose-up yang kehilangan identitas asli, foto studio, atau manipulasi fotografi yang mengubah penampakan situasi sebenarnya atau mengubah isi foto tidak masuk dalam photo travel.


Fauna

Fotografi satwa liar adalah salah satu genre fotografi yang berkaitan dengan pendokumentasian berbagai bentuk satwa liar di habitat aslinya. Selain membutuhkan keterampilan fotografi, fotografer satwa liar mungkin juga membutuhkan keterampilan kerajinan lapangan.


Flora

Jenis foto dengan obyek utama tanaman dan tumbuhan dikenal dengan jenis foto flora. Berbagai jenis tumbuhan dengan segala keanekaragamannya menawarkan nilai keindahan dan daya tarik untuk direkam dengan kamera.

 

# Fungsi

Applied photography (fotografi terapan)

Seni terapan , yaitu berfungsi sebagai alat bantu merekam, menjelaskan secara cepat dan akurat terhadap kegiatan atau bidang yang memerlukannya, seperti dikemukakan oleh Soelarko (tanpa tahun: xi) bahwa fungsi fotografi antara lain sebagai identitas pribadi misalnya pasfoto, rekaman perkawinan, rekaman barang bukti di kepolisian, pengadilan, rekaman mengenai organ tubuh di bidang kedokteran, dan sebagainya. Ada beberapa macam dan tujuan :

Dokumentasi/arsip

Agrobisnis

Kesehatan

Geografi

Otomotif

Olahraga (sport)

Kriminalitas

Interior

Desain grafis

Bidang jurnalistik

Art photography (fotografi seni)

Fotografi seni, Kusnadi berpendapat bahwa (dalam Dermawan, 1994: 17) berpendapat, bahwa fotografi seni merupakan hasil pengamatan fotografer mengenai segala sesuatu yang dipandangnya berharga untuk diabadikan secara estetis, ekspresif, dan visual dengan wawasan pemotret sebagai ucapan seni. Karya fotografi seni itu sekarang populer dengan sebutan foto seni (fine art). Sebuah karya atau foto dapat dikatakan sebagai benda seni :

Ketika bukan hanya merupakan hasil upaya proses reproduksi belaka,

Pemunculan ide atau gagasan dalam menciptakan foto seni tidaklah muncul begitu saja dan terkesan dadakan,

Foto seni  yang baik biasanya melalui suatu proses pengamatan empirik, komparasi, dan perenungan,

Juga serangkaian mimpi yang panjang dan berakhir sebagai sebuah eksekusi : konsep dan visi dan misi (transparan dan baru).

Fine Art photography membutuhkan keterampilan komposisi dimana fotografer memainkan elemen yang tersedia dalam objek seperti garis, bidang  dan ruang yang tersedia, juga unsur cahaya yang tersedia. (Dalam weekly phothography challenge)

Sebagai fotografer foto seni lebih dominan dilakukan sebagai hobi dibandingkan pekerjaan

Foto seni lebih bertujuan untuk mencurahkan kreatifitas fotografer dalam mengambil gambar, dan tidak memikirkan kompensasi dalam bentuk uang. Tetapi lebih ke kandungan makna foto itu.

Elemen-elemen yang dieksploitasi dalam foto seni biasanya adalah komposisi, penyinaran yang dramatis, dan nada warna.

 

# Sumber

lhttps://id.pinterest.com/search/pins/?rs=ac&len=2&q=abstract%20photography&eq=abtrac&etslf=8910&term_meta[]=abstract%7Cautocomplete%7C2&term_meta[]=photography%7Cautocomplete%7C2

lhttps://kelasfotografi.wordpress.com/2013/08/25/pengertian-dan-sejarah-singkat-fotografi/#:~:text=Fotografi%20berarti%20proses%20atau%20metode,ada%20foto%20yang%20bisa%20dibuat.

https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/18298

lhttp://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Pertemuan-Seni-Lukis-dan-Seni-Fotografi-Triyono-Widodo.pdf?origin=publication_detail

lhttps://id.pinterest.com/search/pins/?q=fine%20art%20photography&rs=guide&term_meta[]=art%7Ctyped&term_meta[]=photography%7Ctyped&add_refine=fine%20art%20photography%7Cguide%7Cword%7C0

lhttps://id.pinterest.com/search/pins/?q=still%20life%20photography&rs=typed&term_meta[]=still%7Ctyped&term_meta[]=life%7Ctyped&term_meta[]=photography%7Ctyped

https://g.co/kgs/YZTBae

Ppt dari bapak dosen Drs. Mardiyatmo M.Pd.

No comments:

Post a Comment