Translate

Wednesday, 19 August 2020

KELEMBAGAAN DAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN

 KELEMBAGAAN DAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN

 

LEMBAGA PENDIDIKAN

Menurut Prof. Dr. Umar Tirtarahardja & Drs. La Sula lembaga pendidikan yaitu tempat berlangsungnya pendidikan, khususnya di tiga lingkungan utama pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 

#Tujuan

Pada dasarnya pembentukan sebuah lembaga bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan sebuah potensi para murid sehingga menjadi individu yang mandiri, kreatif, berilmu, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

 

#Fungsi

Fungsi pendidikan menurut Horton dan Hunt :

1. Manifest Pendidikan

· Mempersiapkan anggota masyarakat untuk menacari nafkah.

· Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.

· Melestarikan kebudayaan.

· Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.

2. Fungsi Laten Pendidikan

· Mengurangi Pendidikan Orang Tua, yaitu melalui pendidikan sekolah, orang tua melimpahkan tugas dan wewenang nya dalam mendidik anak kepada sekolah.

· Menyediakan Sarana Untuk Pembangkangan, yaitu sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang suatu hal.

· Mempertahankan Sistem Kelas Sosial, yaitu pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yng ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.

· Memperpanjang Masa Remaja, yaitu pendidikan seklah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.

#Macam lembaga pendidikan

 

PENDIDIKAN INFORMAL

atau pendidikan pertama adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh keluarga, mandiri, primer.

1. Ciri Pendidikan Informal :

· Pendidikan yang berlangsung terus-menerus tanpa mengenal tempat dan waktu.

· Guru pendidikan informal adalah orang tua.

· Tidak adanya sebuah manajemen yang jelas.

2. Contoh Pendidikan Informal :

· Orang tua merupakan guru belajar di dalam rumah

· Membantu Adik belajar dirumah, secara tidak langsung membuat kita belajar juga

· Dengan mendengarkan pengalaman orang tua dirumah, secara tidak langsung belajar dari pengalaman orang tua

 

PENDIDIKAN FORMAL

Adalah lembaga pendidikan yang terdiri dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dengan jenis pendidikan: umum, Kejuruan, Akademik, profesi, Advokasi dan keagamaan.

1. Ciri Pendidikan Formal :

· Pendidikan yang berlangsung dalam ruang kelas yang sengaja dibuat oleh sebuah lembaga pendidikan formal.

· Guru merupakan orang yang telah ditetapkan secara resmi oleh lembaga.

· Mempunyai administrasi dan manajemen yang jelas.

· Adanya sebuah batasan usia sesuai dengan jenjang pendidikan.

· Mempunyai kurikulum formal.

· Adanya perencanaan, metode, media, serta evaluasi dalam sebuah pembelajaran.

· Adanya sebuah batasan lama studi.

· Kepada murid yang lulus akan diberikan ijazah.

· Dapat meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih inggi.

2. Contoh Lembaga Pendidikan Formal

1. Pendidikan Anak Usia Dini

· Taman Kanak-Kanak (TK)

· Raudhatul Athfal (RA)

2. Pendidikan Dasar

· SD

· MI

· SMP

· MTS

3. Pendidikan Menengah

· SMA

· SMK

· MA

· MAK

3. Pendidikan Tinggi

· Diploma

· Sarjana

· Magister

· Spesialis

· Doktor

 

PENDIDIKAN NONFORMAL

Atau pendidikan kedua meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pemberdayaan perempuan, keaksaraan, keterampilan dan pelatihan kerja, kesetaraan, serta pendidikan lainnya.

1. Ciri Pendidikan Nonformal :

· Pendidikan yang berlangsung dalam lingkunagan masyarakat.

· Guru merupakan fasilitator yang diperlukan.

· Tidak adanya sebuah pembatasan usia.

· Materi pelajaran yang praktis disesuaikan dengan kebutuhan pragmatis.

· Waktu belajar singkat dan padat materi.

· Mempunyai manajemen yang terukur dan terarah.

· Pembelajaran yang bertujuan membekali peserta dengan keterampilan khusus untuk persiapan diri dalam dunia kerja.

2. Contoh Pendidikan Nonformal :

1. Satuan Pendidikan Nonformal

· Lembaga Kursus

· Lembaga Pelatihan

· Kelompok Belajar

· Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

· Majelis Taklim

2. Program Pendidikan Nonformal

· Pendidikan Anak Usia Dini ( Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak )

· Pendidikan kepemudaan ( Organisasi Kepemudaan, Organisasi Pemuda, Organisasi Kepanduan/kepramukaan, Organisasi Palang Merah, Organisasi Pecinta Alam, Organisasi Kewirausahaan, Organisasi Masyarkat, Organisasi Seni & Olahraga )

· Pendidikan Pemberdayaan Perempuan

· Pendidikan Keaksaraan

· Pendidikan Keterampilan & Pelatihan Kerja

· Pendidikan Kesetaraan ( Program Paket A Setara SD/MI, Program Paket B Setara SMP/MTS, Program Paket C Setara SMA/MA, Program Paket C Kejuruan Setara SMK/MAK )


 #PERBEDAAN PENDIDIKAN FORMAL DAN INFORMAL



PENGELOLAAN PENDIDIKAN

1)      Perencanaan(Planning)

Perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

2)      Pengorganisasian(Organizing)

Organisasi adalah dua orang atau lebih yang bekerjasama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran specific atau sejumlah sasaran.

3)      Pengarahan(Directing)

Pengarahan adalah fungsi pengelolaan yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

4)      Pengawasan

Pengawasan adalah fungsi pengelolaan yang berhubungan dengan usaha pemantauan kinerja agar supaya kinerja tersebut terarah dan tidak melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan dan pemantauan berfungsi sebagai media agar kinerja tersebut terarah dan tersampaikan secara tepat.

5)      Pengembangan

Pengembangan adalah fungsi pengelolaan yang harus dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu pengelolaan, dengan adanya pengembangan pengelolaan akan berjalan sesuai dan melebihi target yang akan diperoleh.