A. Pengertian Manajemen Pendidikan
Manajemen pendidikan adalah suatu proses dalam pengaturan organisasi atau lembaga pendidikan menjadi sistem untuk mengembangkan kemampuan SDM dalam rangka mencapai tujuan pendidikan suatu tempat tertentu.
B. Jenis
Ruang lingkup dari manajemen pendidikan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :
1. Menurut Wilayah Kerja (Manajemen seluruh negara, manajemen satu provinsi, manajemen satu unit kerja, dan manajemen kelas).
2. Menurut Objek Garapan (Manajemen siswa, manajemen ketenaga pendidikan, manajemen sarana-prasarana, manajemen tata laksana pendidikan, manajemen pembiayaan dan manajemen humas).
3. Menurut Fungsi Kegiatan (Merencanakan, mengorganisasi kan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengkomunikasi kan, mengawasi atau mengevaluasi).
C. Contoh Kasus
Pokok Permasalahan : Ruang Lingkup ( menurut fungsi kegiatan = mengawasi atau mengevaluasi ).
Di UNY setiap akan berakhirnya semester diadakan suatu penilaian terhadap kegiatan perkuliahan selama satu semester dimulai dari dosen, fasilitas, dan lainnya bernama “Emonev”. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi Emonev tersebut, tetapi menurut saya sendiri di UNY sendiri masih banyak kekurangan dalam hal mengevaluasi masalah yang ada di kampus. Hal ini di karena kan setiap semester saya selalu mengeluhkan fasilitas yang tidak memadai, namun masih tidak aada juga perbaikan fasilitas dari pihak kampus. Contoh nya rusaknya beberapa kamar mandi di GK IV dan hal ini tak juga diperbaiki, padahal sudah banyak mahasiswa yang mengeluhkan hal ini. Gedung GK IV sendiri adalah gedung bagi para mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa dan kriya.
D. Analisis Kasus
Kasus di atas jelas contoh dari kegiatan manajemen pendidikan dalam ruang lingkup yaitu, mengevaluasi atau pengawasan. Dalam hal ini berarti terdapat kegagalan dalam proses kegiatan manajemen pendidikan itu sendiri. Hal ini dikarenakan kualitas SDM dan SDA yang tidak memadai, perlu kita ketahui bahwa suatu manajemen yang sukses sangat bergantung pada dua faktor itu. Dua hal itu juga harus seimbang dan tidak boleh berat sebelah. Karena jika hanya SDM saja yang bagus, tetapi SDA nya tidak memadai maka kegiatan manajemen pendidikan itu akan mengalami gangguan, begitu juga sebaliknya. Jadi di perlukan perhatian khusus dalam memilih sumber daya yang akan digunakan, baik itu manusia atau pun alamnya.
Daftar Pustaka
Burhanuddin, Afid. 2014. PENGERTIAN, FUNGSI, DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN PENDIDIKAN. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/17/pengertian-fungsi-dan-ruang-lingkup-manajemen-pendidikan/. Di akses pada tanggal 03 Desember 2020.12.
No comments:
Post a Comment